Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Menyembuhkan Penyakit

Kita sudah tidak asing lagi dengan bumbu yang bernama bawang putih. Rempah-rempah ini selalu menjadi andalan untuk menyedapkan masakan yang kita masak sehari-hari. Lalu apakah Anda juga tau kalau ada jenis bawang putih yang hanya memiliki satu siung saja?

 

Yang membedakan bawang putih biasa dengan bawang putih tunggal adalah jumlah siungnya. Bawang putih tunggal hanya memiliki 1 siung saja. Di pasaran, bawang jenis ini agak sulit mencarinya karena memang kurang familiar bagi para ibu rumah tangga. Selain itu, perbedaan warnanya juga sangat kentara. Bawang putih tunggal memiliki warna yang leibh putih.

 

Biasanya ibu-ibu lebih memilih bawang putih biasa yang memiliki siung banyak untuk dijadikan bumbu penyedap masakan. Karena memang bawang putih biasa ini sudah sering digunakan dalam kehidupan rumah tangga. Namun yang harus kita ketahui bersama, bahwasanya cara penanaman bawang putih tunggal ini bebas kimia dan pestisida. Oleh sebab itulah khasiatnya sangat ampuh mengobati serta mencegah berbagai penyakit.

 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih tunggal juga banyak memiliki kegunaan bagi kecantikan kulit wajah. Para ahli kesehatan membuktikan bahwa bawang putih tunggal yang diiris kecil-kecil lebih maksimal mengeluarkan kandungan zat dan senyawa yang terdapat di dalam bawang putih tunggal ini dapat memperhalus kulit pada wajah, membuat awet muda serta mencegah terjadinya penuaan dini.

 

Bawang putih tunggal mengandung fosfor, kalium, mineral dan yang lainnya, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam setiap harinya, tubuh manusia selalu membutuhkan senyawa yang penting untuk perkembangan kesehatan dan itu bisa didapatkan dari bawang putih tunggal ini. Sebuah negara yang masyarakatnya terbiasa mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap hari, penduduknya memiliki resiko penyakit jantung yang rendah.

 

Salah satu khasiat bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh adalah untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Dengan memiliki aliran darah yang lancar maka ini berfungsi untuk mencegah berbagai resiko terkena penyakit, seperti diabetes, kanker, jantung, maag, menurunkan kolesterol dan lain sebagainya. Selain itu bawang putih tunggal juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan.

 

Kandungan kalium pada bawang putih ini juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan pertumbuhannya juga akan baik sehingga mencegah penyakit keropos tulang atau osteoporosis. Jadi sejak dini sebaiknya anak-anak kita dibiasakan diberi masakan yang mengandung bumbu bawang putih tunggal ini agar terhidar dari pengeroposan tulang.

 

Untuk masalah kecantikan, bawang putih tunggal ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan juga dapat mengobati rambut yang rontok. Cara mengobati rambut rontok dengan bawang putih tunggal adalah dengan cara ditumbuk halus, lalu balurkan pada seluruh permukaan kepala sambil dipijit-pijit. Setelah itu keramas sampai bersih.

 

Khusus untuk kecantikan kulit wajah, bawang putih tunggal ini bisa dijadikan pasta dengan cara ditumbuk hingga benar-benar halus atau bisa juga diblender. Lalu pasta bawang putih tunggal tersebut dioleskan ke seluruh permukaan wajah hingga mengering. Setelah itu bersihkan menggunakan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Namun satu hal yang perlu diingat adalah mengkonsumsi bawang putih tunggal akan berdampak negatif terhadap tubuh. Efek samping bawang putih tunggal adalah dapat menjadikan bau badan dan bau mulut. Bau badan akan bisa hilang jika kita berhenti mengkonsuminya setelah satu minggu. Namun untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh bawang putih tunggal adalah dengan cara menyikat gigi sesaat setelah memakannya.

 

Namun yang pasti, mengkonsumsi bawang putih tunggal secara berlebihan akan menimbulkan aroma bau yang tak sedap pada tubuh kita.

 

Efek negatif lainnya adalah dapat menyebabkan sakit perut, diare dan mencret bagi yang punya masalah dengan pencernaan. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

 

Dari beragam manfaat dan khasiat bawang putih tunggal yang telah dirincikan diatas, serta efek samping negatif yang dapat menimpa kepada yang mengkonsumsinya, apakah anda tetap akan memakan bawang putih tunggal ini?

 

Jika memang sangat anda butuhkan, maka sebaiknya konsumsi bawang putih tunggal sewajarnya saja. Gunakan dosis yang tepat dan jangan berlebihan. Apapun makanan yang dikonsumsi secara berlebihan itu dapat menimbulkan masalah.