Cara Mencegah Diabetes Dengan Pola Hidup Sehat

Banyak orang yang beranggapan kalau penyakit diabetes itu hanya menyerang yang sudah berusia lanjut atau diatas 40 tahun saja. Itu sebenarnya anggapan yang salah. Akhir-akhir ini kasus diabetes ini juga sudah mulai menyerang anak-anak mudah usia 20 tahun. Dari beberapa data yang dikumpulkan oleh beberapa peneliti bahwa hampir 2 juta anak usia mudah dibawah 30 tahun sudah mulai mengalami pra-diabetes.

 

Adanya anggapan bahwa penyakit diabetes itu hanya khusus untuk para orang dewasa itu berlaku di jaman dahulu. Saat semua aktifitas masih dilakukan secara manual dan tanpa bantuan mesin. Namun saat ini semua serba canggih dan modern. Hampir semua aktifitas sehari-sehari sudah dibantu oleh mesin.

 

Seperti contoh, dulu orang berangkan sekolah berjalan kaki dan paling canggih hanya naik sepeda ontel. Tapi sekarang sudah ada kendaraan bermotor yang tidak memerlukan tenaga untuk mengeluarkan keringat lagi. Perubahan gaya hidup inilah yang juga menjadi pemicu datangnya penyakit diabetes tersebut.

 

Begitu juga dengan pola makan jaman dulu dan sekarang. Orang dulu lebih sering makan makanan alami yang dimasak sendiri di rumah. Namun saat ini berbeda, anak-anak usia muda sudah gandrung dengan makanan yang cepat saji. Padahal itu banyak mengandung pengawet, pewarna, perasa dan bahan kimia lainnya.

 

Itulah 2 hal yang saat ini menjadi pemicu utama penyakit diabetes menyerang tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya cari solusi cara mencegah penyakit diabetes sejak dini agar nantinya saat kita sudah menginjak usia lanjut terbebas dari penyakit diabetes tersebut.

 

Tips Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda

 

Sebelum diabetes menyerang kita, maka sebaiknya kita terlebih dahulu melakukan antisipasi supaya tubuh tidak terkena penyakit diabetes. Ada beberapa metode cara mencegah diabetes yang harus dilakukan. Pada intinya lakukanlah pola hidup sehat agar tubuh terus fit beraktifitas sepanjang hari.

 

1. Rajin Olahraga

 

Ini adalah solusi pertama cara mencegah diabetes di usia muda. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga tersebut tidaklah harus yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, lari-lari kecil, relaksasi, dll. Terapkan selama 30 menit setiap hari dan minimal 5 kali dalam satu minggu.

 

2. Pola Makan Sehat

 

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, bayam, acaiberry, raspberry, dll. Ada beberapa kandungan senyawa antosianin pada sayur dan buah tersebut yang dapat memperlancar peredaran darah dan juga menstabilkan glukosa dalam darah.

 

Kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood karena itu banyak mengandung pengawet yang dapat membahayakan tubuh. Hindari makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan atau apapun yang di goreng. Mulai sekarang rubahlah gaya hidup anda supaya tips pencegahan penyakit diabetes ini bisa bekerja dengan maksimal dan tubuh akan terus sehat.

 

3. Sarapan Secara Teratur

 

Untuk melakukan aktifitas seharian penuh, maka sangatlah penting untuk mengkonsumsi sarapan setiap pagi. Ini juga termasuk salah satu cara mencegah diabetes menyerang tubuh. Sarapan juga berkhasiat untuk mengatur kadar kalori di dalam tubuh.

 

4. Menurunkan Berat Badan

 

Salah satu penyebab diabetes adalah obesitas atau kegemukan. Jadi sangat penting kiranya kita mengontrol berat badan agar ideal dan proporsional. Ada banyak cara diet sehat supaya badan terus sehat dan tidak terlalu gemuk.

 

5. Hindari Minuman Manis

 

Mengkonsumsi minuman manis juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes. Kadar gula dalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. Salah satu contoh minuman manis adalah soda, minuman ringan atau yang berperasa.

 

6. Hindari Makanan Berlemak

 

Banyak sekali makanan berlemak yang juga memicu resiko terkena diabetes  karena itu dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dan pada akhirnya dapat mengaruhi atau meningkatkan kadar gula di dalam darah. Contoh makanan berlemak adalah daging, santan, junk food dan lainnya.

 

7. Hindari Stres

 

Mengalami stres yang berlebihan juga dapat memicu glukosa menjadi meningkat. Setidaknya lakukan latihan pernafasan, meditasi, yoga, relaksasi 2 kali dalam seminggu.

 

8. Tidur Teratur

 

Dalam setiap hari tubuh memerlukan istirahat 6 sampai 8 jam. Jika tubuh kurang tidur maka dapat meningkatkan hormon kartisol dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

 

Itulah beberapa cara mencegah diabetes di usia muda. Lakukan dan terapkanlah sedini mungkin agar tubuh tetap bugar dan fit. Mulai sekarang rubahlah gaya hidup Anda menjadi pola hidup sehat.